Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Dekan FAUD: Dosen Pembimbing Akademik Bertanggung Jawab Memberikan Opsi Riset untuk Skripsi Mahasiswa

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 22 November 2023
  • Bagikan ke

Demikian disampaikan oleh Ah. Fawaid, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura dalam sambutannya pada Kegiatan FGD Penguatan Bimbingan Penelitian Mahasiswa, Rabu (22/11/2023). Fawaid menjelaskan bahwa kegiatan merupakan rangkaian kegiatan penguatan literasi penelitian dan menulis bagi civitas akademika FAUD IAIN Madura. “Ada kegiatan Academic Writing yang diselenggarakan setiap hari Rabu yang diperuntukkan untuk mahasiswa FAUD dan kegiatan ini yang diperuntukkan bagi Dosen dan Tendik di lingkungan FAUD dan IAIN Madura,” tegasnya.

Menurutnya lebih lanjut, kegiatan ini merupakan pembekalan awal untuk pada dosen salah satu tugas mereka adalah dosen pembimbing akademik (DPA). Salah satu tugas DPA adalah memberikan opsi riset bagi bimbingannya untuk memudahkan perumusan masalah yang akan dikaji dalam laporan akhir mereka. “Sebagai laporan, Pak Rektor, kegiatan ini berupa penguatan bagi dosen yang notebene DPA untuk mengupdate pemahamanannya tentang ragam opsi riset di lingkungan FAUD).

Kegiatan ini menghadirkan penulis prolifik yang juga guru besar di bidang Al-Qur’an dan Tafsir dari IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Aksin, S.Ag, SH., M.Ag dan dipandu oleh Masyithah Mardhatillah, M.Hum , dosen Program Studi Ilmu Hadis FAUD IAIN Madura. Sebagai peneliti dan penulis prolifik, Cak Aksin, demikian akrab disapa, menyampaikan materinya berdasarkan pengalaman personalnya untuk kemudian dibagi kepada peserta. “Ini bukan teori yang ada di buku-buku aja, melainkan pengalaman pribadi saya dalam riset, menulis, dan mereview proposal riset Litapdimas,” ujar mantan Direktur Pasca Sarjana IAIN Ponorogo ini.   

Pada kesempatan itu, alumnus MAPK Jember ini menjelaskan beragam tips menyusun proposal riset dan bagaimana menuangkan hasil riset dalam penulisan buku. Ia juga menjelaskan tips-tips khusus dalam mencari masalah akademik, memilih teori, ketepatan menerapkan teori, dan semacamnya.

Diketahui bahwa kegiatan ini dihadiri rektor, seluruh Warek, Kabiro AUAK, seluruh dosen FAUD IAIN Madura, dan tendik serta perwakilan unit di lingkungan IAIN Madura. Pada kesempatan itu, rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd berkenan memberikan arahan dan membuka acara secara resmi. [afs/fddk]