Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Madura Evaluasi Mutu Layanan Melalui Survei Kepuasan Mahasiswa

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 26 November 2025
  • Dilihat 21 Kali
Bagikan ke

Pamekasan, 26 November 2025, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Madura menggelar pekan survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik, sarana, dan prasarana pembelajaran, Senin–Kamis (24–27/11/2025). Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen kampus dalam memperkuat sistem penjaminan mutu dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi.

Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM)  Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Siti Mariyam, menyampaikan bahwa survei dilakukan setiap tahun untuk memantau kepuasan mahasiswa atas layanan yang mereka terima selama proses belajar di kampus.

“Survei ini penting dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu layanan. Masukan mahasiswa akan menjadi dasar dalam pengembangan fasilitas dan pelayanan akademik pada tahun-tahun mendatang,” ujar Siti Mariyam.

Survei mencakup penilaian terhadap lima aspek utama dalam pelayanan publik, yakni keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, serta aspek fasilitas fisik. Respons mahasiswa dihimpun melalui instrumen survei daring yang disebarkan secara serentak pada Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), serta Ilmu Hadis (ILHA).

Sosialisasi kepada mahasiswa dilakukan oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) masing-masing program studi. Mahasiswa pun menyambut baik survei tersebut sebagai ruang partisipasi dalam pembangunan kampus.

Salah satu mahasiswa FAUD, Maulana Mukhtar Hadi, menilai survei itu menjadi langkah strategis untuk mengidentifikasi perbaikan yang dibutuhkan mahasiswa.

“Saya sangat bersyukur dapat berpartisipasi dalam kegiatan pekan survei ini. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menjaring kebutuhan dan masukan dari mahasiswa agar layanan, sarana, dan prasarana kampus terus meningkat. Apalagi dengan status kampus yang kini telah menjadi universitas, sudah seharusnya kualitas pelayanan dan fasilitas juga semakin ditingkatkan,” kata Maulana, mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Secara terpisah, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ah. Fawaid, mengapresiasi upaya GPM dan UPM dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu melalui survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik, sarana, dan prasarana pembelajaran.

“Terima kasih kepada Tim GPM dan UPM di masing-masing program studi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang telah menggelar pekan survey kepuasan mahasiswa atas layanan akademik, sarana, dan prasarana pembelajaran. Upaya ini pasti bermakna demi penjaminan dan peningkatan mutu layanan di fakultas,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap tingkat partisipasi mahasiswa tinggi sehingga hasil survei dapat mencerminkan evaluasi mahasiswa secara menyeluruh. Temuan dan rekomendasi dari survei ini akan menjadi dasar evaluasi serta rujukan dalam peningkatan mutu layanan pada tahun akademik berikutnya, sekaligus memperkuat tata kelola pendidikan yang berorientasi pada kepuasan pengguna layanan dan kualitas akademik.[sm/dkn]