Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Mantapkan Keterampilan Jurnalistik, DPL Menyerahkan Mahasiswa FAUD Magang di JPRM Sumenep

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Senin, 4 September 2023
  • Bagikan ke

Penyerahan mahasiswa praktikan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) Institut Agama Islam Negeri Madura di Kantor Radar Madura Sumenep berlangsung pada  Senin (4/9/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ah. Fawaid selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bersama 8 orang mahasiswa praktikan dan diterima oleh perwakilan dari Jawa Pos Radar Madura (JPRM) Biro Sumenep, Taufiq.

Ah. Fawaid selaku DPL menyampaikan, secara umum para mahasiswa yang melakukan praktikum di sini memiliki keterampilan dasar dalam bidang jurnalistik, desain, dan reportase. “Jadi secara umum background mereka, sesuai dengan portofolio yang mereka kirim, sudah relevan, tinggal nanti diperdalam terhadap hal-hal lain yang tidak dipelajari di bangku kuliah," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ah. Fawaid juga menyerahkan mahasiswa praktikan kepada perwakilan dari JPRM Biro Sumenep untuk memberikan bimbingan dan penguatan terhadap keterampilan awal yang telah dimiliki.

"Kami dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura bertugas menyerahkan mahasiswa praktikan sesuai dengan bidangnya untuk magang di Jawa Pos Radar Madura Sumenep selama 1 bulan," tegasnya.

Sementara itu, Taufik mewakili JPRM Biro Sumenep menyambut baik penyerahan dan penempatan mahasiswa praktikan di lembaganya. “Kami dari JPRM Biro Sumenep merasa senang dengan kehadiran mahasiswa magang di sini. Jadi tidak perlu sungkan jika ada yang ingin ditanyakan atau dipelajari baik dari divisi redaksi, pemasaran, iklan, manajemen/administrasi," ungkapnya

Dalam sambutannya, Taufik juga menyampaikan agar mahasiswa praktikan bisa memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan dengan secara pro aktif bertanya kepada para jurnalis dan terlibat dalam kegiatan mereka.

"Kami atas nama JPRM Biro Sumenep berterimakasih atas kerja sama selama ini dan membuka lebar kesempatan bagi mahasiswa untuk secara serius menekuni bidang-bidang sesuai dengan keterampilan dasar yang telah dimiliki. Tidak menutup kemungkinan, kami bisa merekrut mahasiwa praktika jika nanti dibutuhkan sesuai dengan formasi yang tersedia," pungkasnya.

Kegiatan Praktik Profesi bagi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FAUD IAIN Madura ini diikuti oleh 91 mahasiswa dengan 23 DPL dan bekerja sama dengan 16 lembaga mitra Madura dan Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan dari 4 September hingga 3 Oktober 2023.  

Kontributor: Rofiah Dewi, praktikan di JPRM Biro Sumenep).