Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Tanda Tangani Nota Kerja Sama dengan BPS, Rektor ajak Civitas Akademika  Manfaatkan Data Statistik Untuk Riset

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 16 Agustus 2023
  • Bagikan ke

Demikian disampaikan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd. dalam sambutannya saat kegiatan penandatanganan nota kesepakatan Bersama (MoU) dan perjanjian kerja sama antara IAIN Madura dan Badan Pusat Statistik (BPS) Pamekasan di Gedung Perpustakaan IAIN Madura, Rabu (16/08/2023). Nota kerja sama ini dilakukan mengingat data statistik merupakan data awal yang mutlak dimiliki periset untuk kemudian mendalami dan menganalisnya.

Rektor menyampaikan bahwa BPS akan hadir di kampus IAIN untuk memenuhi kebutuhan data civitas akademika dalam melakukan riset dan pengabdian kepada Masyarakat. “Kami hadirkan ‘kantor BPS’ di Gedung perpustakaan IAIN Madura untuk mendekatkan kebutuhan civitas akademika akan data statistik,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa kantor BPS akan menambah corner dari empat corner yang ada di Gedung Perpustakaan IAIN Madura. “Layanan BPS ini akan ada di perpustakaan, karena perpustakaan ini adalah jantung literasi dan jantung akademik kita,” tegas alumnus Pasca Sarjana UM Malang ini.

Pada saat yang sama,  Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan, Ir. Anwar menjelaskan bahwa nota kerja sama ini didasarkan pada kenyataan bahwa pemanfaat data statistik yang dikeluarkan BPS itu adalah civitas akademika. Oleh karena itu, lanjut Anwar, kehadiran pelayanan BPS di IAIN Madura agar kebermanfaatannya lebih terasa. “Mahasiswa, dosen, dan seluruh civitas akademika bisa berkonsultasi tentang data statistik serta memberikan pelayanan kepada civitas akademika agar metodologi dan analisisnya sesuai dengan yang dikehendaki data tersebut,” terangnya.

Hadir pada kesempatan itu, Rektor IAIN Madura, Kepala BPS Pamekasan dan staf, Dekan Fakultas Ushukuddin dan Dakwah, Kepala LP2M IAIN Madura, Kepala UPT Perpustaan, Humas, dan sejumlah pustakawan dan perwakilan civitas akademika IAIN Madura [dkn/fs].