Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Koordinasi Pelaksanaan Praktikum, FAUD IAIN Madura Kumpulkan Pengelola Lembaga

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 23 Agustus 2023
  • Bagikan ke

Menjelang pelaksanaan Praktikum Pengembangan Profesi bagi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaraan Islam (KPI) dan Praktikum Tarjamah dan Tafsir  untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah hadirkan pengelola Lembaga mitra, Rabu (23/08/2023) di Aula Rektorat IAIN Madura. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Praktikum  yang dikomandani oleh Kepala Laboratorium (Kalab) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, Hafidlatul Fauzuna. Kegiatan ini dilaksanakan dua sesi, sesi dengan mitra dari Prodi KPI dan sesi dengan mitra dari Prodi IQT.

Di hadapan para perwakilan mitra dan dosen pembimbing lapangan, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ah. Fawaid, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menjadi forum penyamaan persepsi antara pengelola yang dalam hal ini adalah Laboratorium FAUD dan Lembaga mitra sekaligus pada saat yang sama bisa menjadi ajang evaluasi dan masukan bagi perbaikan kegiatan yang akan datang

“Kegiatan ini menjadi momentum memperkuat kerja sama kelembagaan sekaligus penyamaan persepsi, khususnya dalam pelaksanaan praktikum mahasiswa FAUD, baik KPI dan IQT,” tegas Dekan FAUD ini. Ia juga menambahkan bahwa ke depan, kerja sama dan kolaborasi ini juga semakin dikuatkan dan diikat dengan nota kesepahaman antara FAUD IAIN Madura dan Lembaga mitra. “Kegiatan ini kita kuatkan dan ikat dengan nota kesepahaman antara kami dan lembaga mitra. Sebagian lembaga telah menandatangai MoA dengan kita,” imbuhnya.

Di pihak yang lain, Kalab FAUD IAIN Madura, Hafidlatul Fauzuna menjelaskan bahwa pada tahun 2023 ini, FAUD bermitra dengan 20 lembaga dalam pelaksanaan praktikum. “Ada 16 lembaga yang berlokasi di Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan Surabaya untuk pelaksanaan praktikum mahasiswa KPI dan 4 lembaga  yang berlokasi di Pamekasan dan Sumenep untuk praktikum mahasiswa IQT,” papar dosen yang akrab disapa Fida ini.

Diketahui pada kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Lembaga mitra dan dosen pembimbing lapangan. Sementara kegiatan praktikum ini akan berlangsung dari awal September hingga awal Oktober dengan durasi waktu 1 bulan. Praktikum ini diikuti 54 mahasiwa IQT dan 95 mahasiswa KPI yang nantinya mereka disebar ke beberapa Lembaga mitra sesuai dengan pilihan mereka masing-masing. [fd/dkn]