Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Tujuh Desa Kecamatan Waru Terima Peserta KPM FAUD 2023, Kasi PMD Waru Ajak Peserta Membawa Aura Positif di Desa

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Senin, 3 Juli 2023
  • Bagikan ke

Demikian disampaikan Harun, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Waru saat menerima penyerahan peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Kecamatan Waru (3/7).

Harun yang saat itu mendampingi Sekretaris Camat, Untung, menyampaikan harapannya di hadapan perwakilan peserta KPM FAUD 2023 dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di kantor kecamatan Waru, Pamekasan. “Bawalah aura positif di desa, bukan aura negatif,” demikian tegas Kasi yang baru saja berpindah tugas dari Pemkab Pamekasan. Ia juga mengharap agar para mahasiswa peserta KPM bisa menjadi pendamping desa yang baik, bukan menjadi pengawas desa.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pengalaman menjadi peserta KPM ini patut disyukuri karena pengalaman lapangan ini melengkapi 75% dari 25% pengetahuan yang didapat di bangku kuliah. Belajar di kampus satu hal, dan pengalaman di langan hal yang lain. “Jadi manfaatkan pengalaman ini dengan baik,” harapnya.

Sebelumnya, dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, Ah. Fawaid, dalam sambutan penyerahannya mengungkapkan agar mahasiswa peserta KPM bisa menjadi duta kampus di desa-desa tempat mahasiswa mengabdi. “Jadikan KPM ini sebagai media mengabdi di tengah-tengah masyarakat sehingga kehadirannya akan terus dikenang,” ungkapnya.   

Perlu diketahui bahwa tahun ini, FAUD melalui kegiatan KPM meluaskan cakupan wilayahnya tidak hanya di Kecamatan Pakong sebagaimana pada tahun sebelumnya (2022), melainkan juga di Kecamatan Waru. Tahun ini, KPM FAUD 2023 difokuskan di tujuh desa di Kecamatan Waru, yaitu Waru Barat, Waru Timur, Taganser Laok, Tampojung Guwa, Tampojung Pregi, Sumber Waru, dan Tlontoares.  

Kegiatan penyerahan peserta KPM di Kecamatan Waru ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, Kepala Laboratorium FAUD, DPL, dan perwakilan peserta KPM. Dari pihak kecamatan hadir Sekretaris Camat, Kasi PMD, dan apparat pemerintah di lingkungan Kecamatan Waru. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberikan cenderamata dari Dekan FAUD kepada Sekretaris Camat, Untung, yang saat itu mewakili Camat yang berhalangan hadir. [afs]