Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Dekan FAUD Lepas Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat 2023

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Senin, 3 Juli 2023
  • Bagikan ke

Mengawali kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2023, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, Ah. Fawaid, lakukan pelepasan secara resmi pemberangkatan mahasiswa ke lokasi KPM. Seremoni pelepasan ini dilaksanakan di depan kantor Fakultas Ushuluddin dan Dakwah diikuti oleh sejumlah pejabat di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dan seluruh peserta KPM FAUD 2023, Senin (3/7).

Hadir pada kesempatan itu Dekan FAUD, Ah. Fawaid; Wakil Dekan FAUD, Mohammad Subhan Zamzami; Kepala Laboratorium (Kalab) FAUD, Hafidlatul Fauzuna; Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Delta Yaumin Nahri; Kaprodi Ilmu Hadis, Khairul Muttaqin; Kasubag TU FAUD, Bachtiar Raziqi; dan Admin IQT dan KPI. Sementara Kaprodi KPI diwakili oleh sekretaris prodi KPI, Heny Triyaningsih.

Dalam kesempatan itu, Kalab FAUD mengingatkan beberapa hal tentang pelaksanaan KPM dan prosedur perizinannya. “Sejak saat ini seluruh proses perizinan dalam kegiatan KPM ada dalam tanggung jawab Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), bukan saya lagi,” jelas Fida yang juga sebagai Direktur IMTV.

Pada kesempatan yang sama, sebelum melepaksan secara resmi mahasiswa peserta KPM, Dekan FAUD berpesan agar mahasiswa melaksanakan tugas pengabdian ini dengan baik. “Ada prinsip yang harus dijaga selaras dengan peribahasa di mana bumi dipijak, di situlah langit dijungjung,” pungkas Fawaid. Lebih lanjut, Dekan menekankan agar mahasiswa bertindak proaktif dalam mendampingi masyarakat dan hendaknya menjadi duta kampus di masyarakat. “Kalian adalah  duta kampus yang membawa misi kampus IAIN tercinta yang tagline-nya adalah religius, kompetitif, dan kolaboratif,” ujarnya.

Kegiatan KPM FAUD 2023 ini diikuti oleh 143 mahasiswa dari dua program studi (Komunikasi dan Penyiarang Islam [KPI] dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir [IQT]). Seluruh peserta disebar di 15 posko yang ada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Waru dan Pakong. Di Kecamatan Waru, peserta KPM tersebar di tujuh posko, yaitu Waru Barat, Waru Timur, Taganser Laok, Tampojung Guwa, Tampojung Pregi, Sumber Waru, dan Tlontoares. Sedangkan di Kecamatan Pakong, peserta KPM tersebar di delapan posko yaitu di Bicorong, Lebbek, Pakong, Seddur, Somalang, Bajang, Cen-Lecen, dan Klompang Barat.[afs]