Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Dr. Uswatun Hasanah, MA., Hum, “Ulama Madura Kembangkan Dakwah secara Kreatif”

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 14 Juni 2023
  • Bagikan ke

PAMEKASAN. Demikian di sampaikan salah seorang dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, Uswatun Hasanah, dalam siding terbuka ujian promosi Doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (14/6/2023). Uswah berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Aktivitas Dakwah Ulama dan Budaya Lokal Madura” dalam ujian yang dilaksanakan secara luring di bawah bimbingan Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, MA dan Prof. Dr. Zaitunah Subhan, dan diuji di hadapan dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Zulkifli, MA, Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, MA, Prof. Dr. Zaitunah Subhan, Prof. Dr. Didin Saepudin, MA, Prof. Dr. Murodi, MA dan Prof. Dr. Asep Usman Ismail, M.Ag serta berhasil meraih predikat sangat memuaskan.

Ia menambahkan bahwa dakwah yang dilakukan oleh ulama Madura menggunakan budaya lokal yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, seperti kegiatan acabis (sowan), koloman, syair, warung kopi, silaturahmi, serta pernikahan antar keluarga. “Melalui kegiatan-kegiatan tersebut lahirlah komunitas-komunitas dakwah, kegiatan sosial, pemberdayaan dan lain sebagainya,” tambah Uswah yang juga dosen di Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FAUD IAIN Madura.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa perubahan dakwah ulama dan budaya lokal Madura dapat dilihat dari adanya pengorganisasian dakwah, walaupun tidak semua ulama Madura mampu melakukannya. Kiai Fauzi Tidjani dan Kiai Bustomi Tibyan, misalnya, melakukan dakwah melalui lembaga Pendidikan. Ada juga yang membentuk  komunitas-komunitas dakwah, baik dalam majlis taklim, kafe-kafe, touring dan lain sebagainya.

Selain memaksimalkan budaya-budaya lokal, tambah alumni pondok pesantren Al-Amin ini, ulama Madura juga melakukan adaptasi teknologi dengan memanfaatkan media sosial dalam penyampaian dakwah mereka seperti face book, Instagram, youtube dan lain sebagainya. “Yang pasti mereka terus konsisten dalam penggunaan budaya-budaya lokal sebagai media dakwah ditambah dengan pemanfaatan medsos sebagai medianya,” jelasnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ah. Fawaid beserta seluruh civitas akademika FAUD IAIN Madura mengucapkan selamat kepada Dr. Uswatun Hasanah, MA.,Hum yang telah berhasil melaksanakan Ujian Promosi Doktor pada hari, Rabu, 14 Juni 2023 dan menjadi Doktor ke-1444 Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah. 

Uswatun Hasanah mengatakan bahwa keberhasilan yang diraih itu, tentunya tidak diraih dengan mudah. Berbagai upaya dan ikhtiar dilakukan guna menyelesaikan tugas disertasinya dengan baik dan penuh semangat.  "Syukur alhamdulillah kepada Allah SWT, akhirnya saya dapat menyelesaikan studi S3 ini meskipun dengan penuh hambatan dan rintangan. Terimakasih kepada seluruh civitas akademika IAIN Madura dan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dan seluruh teman-teman dosen dan keluarga besar terkhusus kepada Ibu, Bapak dan keluargaku,” ungkapnya.

“Jerih payah dan hasil kelulusan ini atas kehendak Allah yang juga tak lepas dari dukungan semua pihak. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tak bisa saya sebut satu persatu, Jazakumullah khairan,“ kata Uswah mengakhiri. (MZ)