Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura Gelar Review dan Penyelarasan Peta Jalan Penelitian dan  Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Kamis, 9 Februari 2023
  • Bagikan ke

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura didampingi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Madura menggelar review dan penyelarasan peta jalan (roadmap) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM), Kamis (9/2/2023). Bertempat di ruang Laboratorium Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, pertemuan ini dihadiri oleh Dekanat, Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah bersama tim dari LP2M dan LPM IAIN Madura.  

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, Ah. Fawaid, menyampaikan ucapan terima kasih atas usaha pendampingan yang dilakukan LP2M dan LPM guna menyusun peta jalan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. “Peta jalan ini penting untuk menjadi acuan dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika FAUD dalam rentang waktu 2022-2026,” tegasnya. Penegasan rentang waktu tersebut didasarkan pada visi dan misi yang ingin dicapai selama durasi tersebut.

Hal senada disampaikan Muhammad Subhan Zamzami, Wakil Dekan FAUD. Ia memaparkan bahwa roadmap ini merupakan pemaduan antara Agenda Riset Keagamaan Nasional dan Peta Riset LP2M IAIN Madura. Lebih lanjut ia menegaskan bahwa ada beberapa klaster penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan. “Klaster penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara lain Pengembangan Program Studi dan Penelitian Dasar Interdisipliner. Sedangkan klaster Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pemberdayaan Masyarakat di Daerah, pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Komunitas, Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Pesantren dan Madrasah dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lembaga Keagamaan dan/atau Lembaga Pemasyarakatan.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris LP2M IAIN Madura Eri Hariyanto menyarankan bahwa pedoman atau juknis baik tingkat institut maupun fakultas tahun ini bisa segera selesai, sehingga tahun depan bisa direalisasikan atau dilaksanakan sesuai dengan roadmap yang telah disusun. “Alhamdulillah, rumusan roadmap FAUD sudah luar biasa tinggal disingkronkan dengan fakulatas-fakultas lain,” imbuhnya memberikan apresiasi. 

Apresiasi yang sama juga disampaikan Mulyadi. Kepala LPM tersebut menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kolaborasi antara LPM dan LP2M. Apa yang dilakukan FAUD menjadi ancangan awal untuk melangkah dalam ranah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini penting untuk dijadikan acuan oleh fakultas dan prodi, salah satunya jika ingin mendapatkan nilai unggul maka harus ada roadmap dulu. “Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus sesuai dengan roadmap, begitu juga CPMK harus sesuai dengan visi-misi fakultas dan prodi, profil lulusan, kurikulum dan evaluasi.” Ujar Mulyadi.