Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

Pelaksana Tugas Dekan FAUD IAIN Madura Menyerahkan Secara Resmi Peserta KPM 2022 ke Camat Pakong

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Senin, 4 Juli 2022
  • Bagikan ke

PLT Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, Ah. Fawaid resmi menyerahkan peserta Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun akademik 2021-2022 di Kantor Kecamatan Pakong Pamekasan, Senin (4/07/2022).

Sebanyak 113 mahasiswa melakasanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang bertempat di delapan desa, yaitu  desa Cenlecen, Somalang, Bicorong, Pakong, Seddur, Palalang, Kalompang Barat dan Bandungan. 

Pelaksanaan kegiatan KPM ini bisa menggunakan dua model pendekatan , yaitu Participatory Action Research (PAR) dan Asset Based Communities Development (ABCD) yang didampingi oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan KPM tahun ini dikelola oleh fakultas, sementara pada tahun sebelumnya dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dengan menggunakan sistem KPM Daring. Untuk tahun ini pelaksanaan KPM dilaksanakan secara tatap muka, yang dikelola oleh Fakultas masing-masing di IAIN Madura. Pelaksanaan KPM di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura ini diikuti oleh prodi ilmu al-qur’an dan tafsir (IQT), dan prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). 

Salah satu program KPM ini difokuskan kepada beberapa aspek, yaitu belajar hidup di tengah-tengah masyarakat, belajar bagaimana membangun desa yang inovatif, kreatif dan sehat. Dengan mengimplementasikan dua rumpun keilmuan dari dua program studi ilmu al-qur’an dan tasfir, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam. 

Plt. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, Ah. Fawaid, mengatakan, kegiatan KPM tahun 2022 ini sebagai ajang pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga setelah melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ada output ataupun hal baik yang ditinggalkan dan memberikan kesan positif bagi masyarakat setempat.

“Maksimalkanlah dan manfaatkan kegiatan KPM ini sebaik mungkin, semoga berjalan lancar, tetap bersinergi dengan DPL dan tetap jaga hubungan komunikasi dengan masyarakat, tempat Anda ber-KPM”, ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Camat Pakong Bapak Rifki yang mewakili Bapak Camat yang sedang berhalangan  mengatakan, bahwa kegiatan KPM dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura berharap kegiatan KPM berjalan lancar dan baik. Ia berharap kegiatan KPM ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempelajari hal-hal yang ada di desa, serta program kerja kegiatan KPM dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan juga tetap menjaga nama baik almamater kampus. 

“Jadi, harapan kami selaku pimpinan camat kecamatan Pakong Pamekasan agar adik-adik mahasiswa selaku peserta KPM, untuk betul-betul melaksanakan kegiatan KPM dengan baik, jaga almamater kalian, dan kami juga bertugas menjamin keamanan adik-adik mahasiswa, dalam melaksanakan KPM selama satu bulan”, imbuhnya. (MZ)