Alamat

Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

faud@iainmadura.ac.id

110 Mahasiswa Jurusan Syariah Peserta Praktik Peradilan Mengasah Kompetensi Di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama

  • Diposting Oleh ADMIN FAUD
  • Rabu, 7 September 2016
  • Bagikan ke

Secara Maraton rombongan yang terdiri dari Ketua Jurusan , Seketaris Jurusan, Ketua Laboratorium, Seketaris Laboratorium beserta Ketua Prodi di Lingkungan jurusan syariah STAIN Pamekasan melakukan kegiatan Penyerahan Mahasiswa Semester IV Prodi AHS Jurusan Syariah yang berjumlah 110 mahasiswa kepada Ketua Pengadilan Negeri (Jumat,02/09/2016) dan Ketua Pengadilan Agama Pamekasan (Senin, 05/09/2016 ) dalam kegiatan praktik peradilan gelombang pertama 05 – 30 September, dan gelombang kedua 03 -28, Oktober 2016.

Dalam sambutannya Ketua STAIN Pamekasan Bapak Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd diharapkan dalam kegiatan praktik peradilan mahasiswa dapat mendekatkan mahasiswa pada kondisi senyatanya dan membandingkan dengan teori yang telah didapat dari bangku kuliah. Yang dilakukan mahasiswa dalah Mengamati proses beracara, dan melaporkan serta pada akhir kegiatan akan dilakukan adanya praktik peradilan semu. Dengan terbitnya Peraturan Menteri Agama No. 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan bahwa gelar untuk mahasiswa prodi AHS Jurusan Syariah adalah Sarjana Hukum (SH) sehingga perlu penambahan kompetensi untuk penyesuaian kompetensi dengan lulusan SH dari Perguruan Tinggi Umum.

Pada acara penyerahan di Pengadilan Agama disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama dalam sambutan untuk menjadi hakim ada 5 hal yang diperlukan: pertama Hukum Materiil Hukum Islam Kedua Hukum Materiil Postif, Ketiga Hukum Acara baik Perdata dan hokum acara Peradilan Agama, Keempat Kemamuan Baca Kitab Kuning dan Kelima kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi. Pengadilan Agama adalah rumah kedua untuk lulusan AHS karena disinilah peran dari jurusan syariah akan melaksanakan perannya secara professional sebagai hakim, advokat atau panitera